Sabtu, 06 November 2010

Tutorial Upgrade Fedora 12 ke Fedora 13 (Online)

Tutorial Upgrade Fedora 12 ke Fedora 13 (Online)

  1 Nulis lagi ahh biar dapat amal dan ilmu bermanfaat :D , dahulu saya menggunakan Fedora 11, kemudian upgrade ke fedora 12 dan sekarang upgrade lagi ke fedora 13. Ketika saya nulis ini ada yang nyeletuk , kenapa harus update online ? repot amat , mending Download fedora 13 aja dari FTP brawijaya , terus dibakar di DVD, nah terus install deh di laptop .

Mungkin itu terdengar masuk akal , tapi penjelasan saya berikut akan terdengar lebih masuk akal lagi :D . Tahukah anda bahwa apabila anda mendownload file ISO Fedora 13, besarnya kurang lebih 3,5 GB , belum lagi anda harus membakarnya ke dalam DVD , belum lagi anda harus install di PC atau laptop anda, sedangkan jika anda mengupgrade dari Fedora 12 ke fedora 13 hanya mendownload sebesar 867,4 MB dan bukan itu saja, kalo saya upgrade maka saya gak perlu lagi install aplikasi yang sudah saya install di Fedora sebelumnya jadi lebih efisien kan  ? hehhehe :) .

Kekurangan-nya cm satu yaitu anda harus konek ke internet selama masa upgrade , itu saja sedikit pembukaan dari saya , untuk langkah – langkah bisa dilihat dibawah ini :


1. Masuk ke terminal / konsole anda dan login sebagai root dengan mengetik peintah berikut
su -
2. setelah menjadi root , ketik perintah berikut untuk langkah selanjutnya
yum update rpm
yum -y update
yum clean all
reboot
3. Setelah reboot masuk ke terminal lagi dan ganti hak akses menjadi root, ketik perintah berikut
su -
4. kemudian install pre-upgrade seperti berikut
yum install preupgrade
nanti akan muncul seperti berikut :

2

5. kemudian jalankan proses upgrade dengan mengetikan baris berikut
preupgrade
dan akan muncul tampilan seperti berikut :

Untitled

Nah anda tinggal menunggu proses update selesai, mudah kan , gak perlu bakar DVD , hihihi :D :D

sumber : http://pai.web.id/2010/07/tutorial-upgrade-fedora-12-ke-fedora-13-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar